Wisata Pemandian Bektiharjo

Destinasi Wisata Pemandian Bektiharjo merupakan destinasi legendaris yang memiliki usia puluhan tahun di Tuban ini. Airnya  yang selalu jernih serta tempatnya yang asri menjadikan Wisata Pemandian Bektiharjo sebagai destinasi yang cukup populer. Pemandian ini merupakan pemandian dengan sumber mata air alami yang tidak pernah kering. Pemandian ini banyak dikunjungi oleh mereka yang ingin melewati waktu dengan berenang  atau hanya sekedar rekreasi keluarga.

Di Pemandian Bektiharjo ini, pengunjung akan disuguhkan rimbunnya pepohonan besar yang berusia sudah ratusan tahun. Lingkungan sekitar pemandian memang masih sangat alami. Banyak terdapat pohon pohon besar menaungi tempat Pemandian Bektiharjo ini, meskipun sudah mengalami beberapa kali renovasi, namun keberadaan pohon besar itu tetap dipertahankan. Tak heran, suasana disana sangat sejuk, meski di tengah musim panas sekalipun. Ditambah dengan membaurnya hewan kera di sekitar pemandian, menjadi suasana alami dan menjadi nilai plus wisata ini.

Sendang atau kolam pemandian. Ada Sendang Lanang atau kolam khusus laki-laki yang terletak di bagian utara dan Sendang Wadon atau kolam khusus untuk wanita yang terletak di sisi selatan. Namun, seiring berjalannya waktu, pemisahan fungsi dua sendang ini hanya tinggal sebutan. Para pengujung yang datang bisa berenang secara bebas bersama-sama. Saat ini, Sendang Wadon berubah fungsi menjadi kolam renang dengan standar nasional, dan pengunjung pun bebas menggunakan kolam renang ini. Sementara Sendang Lanang, kini menjadi tempat mandi yang sangat sejuk untuk mereka yang hanya ingin bermain-main di dalam air. Selain kolam renang untuk orang dewasa, pemandian ini juga menyediakan kolam renang untuk anak-anak.

Tradisi Manganan

Tradisi Sedekah Bumi (manganan) di Kawasan Wisata Pemandian Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Juru Kunci Wisata Pemandian Bektiharjo “Hartono” menyebutkan tradisi manganan ini digelar sebagai wujud syukur atas nikmat dan karunia yang diberikan Tuhan kepada masyarakat melalui sumber mata air Sendang Pemandian Bektiharjo. Acara manganan ini memang digelar setiap tahun. tradisi manganan ini tidak hanya diikuti oleh warga desa Bektiharjo saja, namun desa tetangga seperti Prunggahan Wetan, Prunggahan Kulon, Tegalagung juga turut memeriahkan agenda tahunan ini. Hal ini dikarenakan, mereka yang datang dalam tradisi manganan dan memanjatkan doa tersebut biasanya ikut menggunakan sumber air dari Pemandian Bektiharjo. Usai berdoa, warga kemudian melemparkan nasi diseputaran Sendang Bektiharjo dan menaruhnya di bawah pepohonan besar yang ada di kawasan Pemandian Bektiharjo. Tujuannya agar dimakan oleh ikan dan monyet di sekitar lokasi yang diyakini sebagai penjaga atau leluhur di sungai tersebut.

Lokasi Wisata

Saat anda berencana untuk datang mengunjungi Wisata Pemandian Bektiharjo, ajak teman, sahabat maupun keluarga agar lebih seru. Traveler bisa datang mengunjungi obyek wisata Pemandian Bektiharjo Tuban dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi. Pemandian ini berjarak sekitar 5 Km dari Kota Tuban dan terletak di Dusun Krajan Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban Jawa Timur.


Sejarah

Sejarah Pemandian Bektiharjo ini, diyakini masyarakat setempat berkaitan erat dengan asal usul Tuban. Sejumlah sumber menceritakan, seorang Adipati bernama Raden Arya (RA) Dandang Wacana, mendapat wangsit atau pesan gaib untuk membuka alas papringan (hutan bambu) sebagai pemukiman. Namun kedatangan putra Adipati Lumajang itu bertepatan musim kemarau, sehingga kawasan hutan bambu menjadi sangat tandus.  Namun dengan kesaktiannya, Dandang Wacana kemudian mencabut sebatang bambu dan seketika tanah bekas bambu itu mengeluarkan air (sumber air). Dalam bahasa Jawa, metu banyune. Berasal dari kata meTU BANnyu itu muncul nama TUBAN.

Fasilitas

Berikut fasilitas penunjang wisata yang bisa anda nikmati ketika datang berlibur ke Pemandian Bektiharjo Tuban Jawa Timur:

­          Area parkir kendaraan

­          Warung wisata

­          Spot foto

­          Kolam Renang

­          Toilet dan kamar mandi

­          Tempat Sholat

­          Gazebo dan lainnya



Tiket Masuk

Destinasi wisata alam Pemandian Bektiharjo Tuban bisa anda kunjungi kapan saja karena tempat piknik satu ini buka setiap hari. Untuk operasional Destinasi Wisata Alam Pemandian Bektiharjo buka dari jam 07.00 – 17.00 WIB.

 

­Tiket masuk hari senin – jumat untuk dewasa Rp. 8.000 / anak – anak Rp. 5.000

­Tiket masuk hari libur nasional, sabtu dan minggu untuk dewasa Rp. 10.000 / anak – anak Rp. 6.000

Tips Berkunjung

Menikmati libur akhir pekan di Kab. Tuban bersama keluarga, jangan lupa lewati Pemandian Bektiharjo bersama orang tercinta. Sebelum anda berkunjung, disini ada beberapa tips wisata menarik untuk menemani aktivitas liburan anda :

­          Waktu terbaik untuk datang menikmati liburan di Pemandian Bektiharjo yaitu pagi dan siang hari.

­          Bawa baju ganti untuk bermandi-mandi ditempat ini dan pastinya perhatikan kesehatan dengan tidak terlalu lama di dalam air.

­          Siapkan kamera untuk berburu foto dengan explore spot terbaik dari obyek wisata murah di Tuban satu ini.

­          Liburan akan lebih menyenangkan ketika anda berkunjung ke Kolam Renang Bektiharjo bersama teman maupun keluarga.

 

 

 

Share:

Kabupaten Tuban
tuban

Disbudporapar

Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Tuban

Voting

    Apakah tampilan websitenya sudah menarik?
View Results