Sumber : indonesiatraveler.id


WISATA GOA AKBAR TUBAN

Wisata goa akbar adalah destinasi wisata terfavorit dan andalan di Kabupaten Tuban,Jawa Timur.

Bahkan wisata Goa Akbar ini termasuk dalam kategori wisata  alami akan kemegahan dan keindahan yang tiada duanya di bandingkan dengan goa-goa pada umumnya.Bukan hanya wisatawan lokal yang berkunjung di wisata goa akbar banyak sekali wisatawan asing yang datang kesini dan terpukau akan kemegahan dan keindahan goa akbar.

Wisata Goa Akbar adalah salah satu destinasi wisata di Tuban yang wajib dikunjungi. Goa akbar cocok sekali untuk anda yang ingin berlibur atau healing bersama Keluarga,pasangan atau teman-teman. bukan hanya sekedar untuk berlibur saja, anda juga bisa tau apa saja yang ada di dalam goa akbar.



KEUNIKAN GOA AKBAR

Salah satu tempat Wisata Goa di Kabupaten Tuban adalah goa Goa Akbar cukup unik dengan adanya stalaktit dan stalagmit yang sangat indah dalam berbagai bentuk dan sungai-sungai kecil yang mengalir melalui goa dan masih memiliki banyak ruang dan ornamen-ornamen batu di dalamnya.


LOKASI

Objek wisata ini terletak di jalan semarang-surabaya,tepatnya di belakang pasar baru tuban. Lokasinya pun teletak tepat di seberang dengan terminal wisata tuban,sehingga memudahkan para pengunjung untuk menemukannya.

 

 

Sumber : indonesiatraveler.id


SEJARAH GOA AKBAR

Goa Akbar tersebut dahulunya bernama Lueng Ombo, sebelum goa itu diketahui oleh sunan bonang.memang sejak dulu Luweng Ombo yang terlindung oleh semak kaktus berduri (rientong-entong), serta rumpun-rumpun bamboo dan rindangnya pohon lmba serta pohon abar (sejenis beringin),membuat suasananya sangat angker,yang konon diwaktu itu luweng ombo dikenal sebagai keratonnya para jin perayangan, ilu-ilu banaspati.itulah sebabnya dijaman dulu luweng ombo sangat cocok sebagai tempat bertapa/semedi bagi para leluhur,lebih-lebih dijaman kejayaan brandal lokajaya, luweng ombo disamping tempat bersemedi sekaligus juga menjadi tempat persembunyiannya.

Selama di “kuasai” oleh lokajaya yang sebenarnya adalah R.Said Putra Adipati Tuban Tumenggung Wilwatikta,luweng ombo dijaga oleh binatang piaraannya yang sangat setia dan sakti,berupa seekor Naga Taksaka.

Cerita lainnya menyebutkan bahwa goa ini dinamakan abar, karena pada jaman dahulu saat ada peristiwa peperangan, dan melibatkan orang Madura yang lari dikejar-kejar oleh musuh,sampai akhirnya berhenti di Goa Akbar.



FASILITAS WISATA GOA AKBAR

Parkir

Gazebo

Toilet

Tempat sholat

Tempat foto

Kedai makanan,minuman ringan

Warung makan

Pusat oleh” baju batik



HARGA TIKET MASUK WISATA GOA AKBAR

Hari Senin-Jumat  :

Dewasa Rp.8.000

Anak      Rp.5.000

Hari Sabtu-Minggu-Tgl merah :

Dewasa Rp. 10.000

Anak      Rp. 7.000



TIPS BERKUNJUNG KE WISATA GOA AKBAR

*Waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata goa akbar yaitu di pagi hari

*Ajak teman,sahabat,keluarga maupun kekasih untuk explore keindahan Goa Akbar agar liburan makin seru.

*usahakan berlibur dalam kondisi badan sehat dan siapkan kamera untuk huting fotografi

 

 

 

 

Tags :

Share:

Kabupaten Tuban
tuban

Disbudporapar

Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Tuban

Voting

    Apakah tampilan websitenya sudah menarik?
View Results