Kesenian Batik merupakan peninggalan leluhur yang wajib untuk kita lestarikan. Di Kabupaten Tuban sendiri, batik merupakan ikon daerah karena bahan, corak motif dan warnanya yang unik.

Berbicara mengenai pelestarian budaya batik, kita bisa melakukannya dengan mengunjungi sebuah desa yang menyuguhkan pengalaman belajar, belanja dan juga mengenal batik di satu tempat.   

 


        Kawasan tersebut adalah Desa Margorejo, atau Wisata Kampung Batik Margorejo. Desa yang merupakan sentral industri rumah tangga batik tulis Gedog ini, mayoritas penduduknya merupakan perajin batik dan tenun. Letaknya di kecamatan Kerek, atau sekitar 45 jarak tempuh dari Kota Tuban.

    Banyak aktifitas yang bisa kamu lakukan saat mengunjugi desa ini, diantara lain adalah; wisata budaya dengan keliling rumah warga untuk belajar tentang batik dan tenun, melihat langsung proses pembuatan batik dan tenun dari awal sampai menjadi kain yang cantik, praktik membuat batik sendiri yang diajari langsung dengan perajin, dan kabar baik anda bisa sekaligus belanja kain batik di BUMDesa atau langsung dari tangan perajin. Tidak hanya itu, selama ada di desa Margorejo anda juga akan disuguhi dengan pemandangan hijau area persawahan dan suasana asri pedesaan.

   

  

Destinasi kampung batik Margorejo ini sangat direkomendasikan apabila anda ingin berwisata edukatif, kreatif, budaya sekaligus berbelanja, bonus alam yang indah dalam satu tempat yang sama.

Tags :

Share:

Kabupaten Tuban
tuban

Disbudporapar

Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Tuban

Voting

    Apakah tampilan websitenya sudah menarik?
View Results