Air Terjun Putri Nglirip

Wisata Air Terjun Putri Nglirip adalah destinasi wisata terfavorit dan andalan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Bahkan Pada 2019 Air terjun Putri Nglirip termasuk dalam kategori wisata alam terindah di Indonesia . Bukan hanya wisatawan lokal yang berkunjung di Nglirip Banyak sekali wisatawan asing yang datang kesini dan terpukau akan keindahan Air Terjun Putri Nglirip. 


Air Terjun Putri Nglirip adalah salah satu destinasi wisata di Tuban yang wajib dikunjungi. Nglirip cocok sekali untuk anda yang ingin berlibur atau healing bersama keluarga, pasangan atau teman-teman. Karena suasananya yang sejuk akan membantu merefresh otak anda yang sedang penat memikirkan pekerjaan dan urusan di rumah. 


KEUNIKAN AIR TERJUN PUTRI NGLIRIP

Air Terjun Putri Nglirip selalu mempesona setiap mata memandang, dilihat dari sudut manapun pasti akan terpukau jika melihatnya.

Selain pemandanganya yang cantik, Suasana alamnya yang masih asri dan sejuk, dipadukan dengan pepohoan rindang yang mengelilingi tebing . Air Terjun Putri Nglirip mempunyai daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung. Pada musim kemarau air nya akan berwarna hijau tosca ,  karena warna airnya yang Jernih , akan membuat setiap pengunjung ingin main air Jika melihatnya. Meskipun musim hujan airnya berwarna coklat,  tidak mengurangi rasa keeksotisan Air Terjun Putri Nglirip. Biasanya pada musim hujan pelangi akan muncul jam 3 sore jika cuacanya cerah meskipun kondisinya sedang banjir atau berwarna kecoklatan.


Air Terjun Putri Nglirip memiliki ketinggian 29 meter , lebar 25 meter dan kedalaman 30 meter 

Sumber Air terjun ini terletak di hutan lindung krawak yang berada sekitar 2 kilo dari Nglirip 

Dan mata air di lohgung dan beberapa sumber lainya , karena lokasinya dekat hutan. 


Selain wisata alam anda juga bisa berwisata religi di makam Syech Abdul jabbar , yang lokasinya tepat diatas Air Terjun Putri Nglirip . Makam Syech Jabbar, yang dikenal dengan nama lain, Mbah Jabbar. Penduduk setempat menganggap makam itu suci dan menjadi pusat ziarah masyarakat Tuban dan sekitarnya.


LOKASI AIR TERJUN PUTRI NGLIRIP

Dari arah  kota Tuban , jaraknya sekitar 35km atau kurang lebih 45 menit, sedangkan dari Kab. Bojonegoro sekitar 25km atau 30 menit . Lokasinya di desa Mulyoagung RT 03 RW 05 , Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban , Jawa Timur. Akses jalannya yang bisa dilewati semua kendaraan serta  jalan menuju Air Terjun Nglirip sudah beraspal akan memudahkan anda untuk berkunjung kesini.


SEJARAH AIR TERJUN PUTRI NGLIRIP

Selain dari sisi keindahanya Air Terjun Putri Nglirip juga tak kalah menarik jika dilihat dari sisi sejarahnya. Nglirip mempunyai legenda yang sangat dipercayai masyarakat sekitar.

Pada zaman dulu ada seorang gadis dari kalangan biasa atau petani, yang Jatuh cinta dengan Pangeran dari Bangsawan yaitu Joko Lelono. Cinta mereka tidak direstui oleh orangtua Joko lelono. Lalu sang raja mengutus para pengawal untuk membunuh Joko Lelono , jika mereka berdua menikah akan mempermalukan keluarga bangsawan.

Gadis desa yang mengetahui kabar bahwa sang kekasih sudah tewas dibunuh,Gadis itupun sedih. Dia pun pergi lalu singgah di Goa samping Air Terjun Nglirip, bersemedi sampai akhir hayatnya dan mokso atau hilang jasadnya tidak ditemukan. 

Dari Kejadian tersebut di namakanlah air terjun ini. Apabila  ada pasangan muda-mudi yang berkunjung kesana dalam waktu 40 hari akan putus, Karena mitosnya sang gadis itu cemburu atau tidak suka kepada pasangan yang bermesra-mesraan di tempatnya. Boleh dipercaya atau tidak tapi semuanya kembali kepada Sang Pencipta.


Terlepas dari mitosnya, Air Terjun Putri Nglirip tidak hanya menyuguhkan panorama alam yang memukau, anda juga bisa berwisata religi ke makam Syech Abdul Jabbar , yang lokasinya tepat diatas Air Terjun Putri Nglirip  makam Syech Jabbar, yang dikenal dengan nama lain, Mbah Jabbar. Penduduk setempat menganggap makam itu suci dan menjadi pusat ziarah masyarakat Tuban dan sekitarnya.


MAKANAN KHAS

Jika kalian datang ke  Air Terjun Putri Nglirip tidak afdhol Kalau tidak mencicipi makanan khas , yaitu Rujak Uleg . Rasa yang khas hanya akan anda temui di Nglirip . Perpaduan kacang dan gula merah, pembuatanya fresh dan dihidangkan dengan sayuran seperti daun ketela atau kangkung ditambah lagi Irisan tahu dan buah-buahan, pasti membuat anda rindu dan ingin berkunjung lagi ke Air Terjun Nglirip.


FASILITAS

Parkir 

Gazebo 

Toilet 

Wifi

Warung kuliner 

Tempat sholat

Tempat foto


TIKET MASUK

Air Terjun Putri Nglirip sangatlah cocok untuk semua kalangan, karena tiket masuknya yang masih ekonomis yaitu :

Dewasa Rp.8.000

Anak-anak Rp.3.000


TIPS BERJUNJUNG KE AIR TERJUN PUTRI NGLIRIP

Agar perjalanan libur akhir pekan anda dan keluarga di Air Terjun Nglirip semakin menyenangkan. Persiapkan holiday dengan baik sebelum explore keindahan alam Nglirip dengan beberapa tips liburan berikut ini :

•Waktu yang cocok untuk berlibur ke Air Terjun Putri Nglirip yaitu pada musim kemarau saat warna airnya hijau tosca, Datang saat cuaca cerah agar anda mendapatkan Pemandangan dan suasana terbaik saat berwisata di Air Terjun Putri Nglirip.

•Gunakan outfit terbaikmu, untuk berburu foto di Air Terjun Putri Nglirip.

•Selalu berhati-hati ketika berlibur dan jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.


Semoga informasi ini bermanfaat untuk teman-teman yang ingin mencari referesi liburan di kota Tuban.

Tags :

Share:

Kabupaten Tuban
tuban

Disbudporapar

Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Tuban

Voting

    Apakah tampilan websitenya sudah menarik?
View Results